Tips Packing Ransel Pendaki Gunung Yang Benar

Manajemen packing pendaki gunung sangat penting karena akan membantu dalam perjalanan selama pendakian, sehingga dengan packing yang benar barang bawaan pendaki akan terasa nyaman saat di bawa.



Pada prinsipnya packing barang bawaan pendaki adalah maksimal pack namun minimal dalam berat, atau bisa disebut juga max pack min weight,

Berikut diantara hal-hal yang perlu di perhatikan saat packing barang bawaan ketika hendak mendaki sebuah gunung.

1. Memilih

Pilihlah barang bawaan anda yang menunjang pendakian, utamakan barang yang di bawa adalah barang yang sesuai dengan medan gunung yang akan di tuju. Alangkah baiknya membuat list barang yang akan di bawa dan yang paling dibutuhkan, sehingga tidak ada barang yang di bawa namun tidak ada gunanya untuk pendakian.

2. Menimbang

Timbanglah barang bawaan anda sesuai dengan kemampuan tubuh anda. Jangan sampai berlebih sehingga akan memberatkan anda saat melakukan pendakian.

3. Mengemas

Kemaslah barang bawaan anda sesuai dengan jenis dan fungsinya masing-masing, jangan di campur antara alat masak dengan jaket atau yang lainnya. Kemaslah sesuai dengan kelompok kegunaan barang bawaan pendaki, dengan tujuan mempermudah saat hendak menggunakannya.

4. Menata 

Tatalah barang bawaan pendaki sesuai dengan kapasitas tas anda, jangan sampai barang bawaan anda tidak bisa masuk kedalam keril. Usahakan bawa keril atau tas gunung yang muat dengan barang bawaan anda, jangan sampi terlalu longgar atau bahkan tidak muat.

Itulah di antara cara packing barang bawaan pendaki ketika hendak melakukan pendakian gunung. Semua kembali kepada kebutuhan dan rasa nyaman pendaki saat membawa barang dan peralatan pendakian agar tidak terlalu membebani tubuh.
Previous Post
Next Post