Sarana Komunikasi Basecamp Sumbing Via Adipuro Dengan Pendaki


Faktor terpenting dalam sebuah pendakian antara pendaki dan pengelola jalur pendakian adalah komunikasi. Karena komunikasi lah yang akan membuat pengelola pendakian akan terus update informasi tentang kondisi cuaca dan kondisi pendaki dalam perjalanan pendakian baik naik maupun turun dari gunung. 


Namun yang menjadi kendala tersubatnya komunikasi adalah faktor sinyal HP yang kadang tidak semua operator seluler bisa di akses sampai di hutan bahkan puncak gunung.

Inilah yang menjadi alasan kenapa Basecamp sumbing via adipuro mengadakan sebuah sarana komunikasi berupa HT (Handy Talky), sebuah alat komunikasi yang dipancarkan melalui Radio Pancar Ulang atau (RPU).

Dengan alat komunikasi ini pendaki bisa mengabarkan kepada petugas yang ada di basecamp tentang situasi dan kondisi pendaki di atas gunung, tanpa khawatir tidak ada sinyal, dan dengan alat ini pendaki bisa terhubung dengan pihak Basecamp Sumbing via Adipuro 24 jam non stop. Dengan tujuan apabila ada keadaan dan kondisi darurat dari pendaki bisa dengan cepat teratasi.

Selain digunakan untuk komunikasi antara pendaki dan pihak Base camp, alat ini juga digunakan untuk sarana komunikasi relawan bencana alam, untuk informasi apa bila ada musibah atau bencana alam yang terjadi di sekitar lereng gunung sumbing.

Previous Post
Next Post