3 Tips dan Cara Mengatasi Gigitan Lintah Atau Pacet Saat Mendaki Gunung


Seorang Pendaki gunung yang sering melakukan kegiatannya bersinggungan dengan alam bebas, maka akan bertemu dengan berbagai macam hewan atau binatang saat melakukan kegiatan di hutan atau gunung. Salah satu hewan yang banyak ditemui seorang pendaki adalah Lintah dan Pacet, dua jenis hewan ini yang sering dijumpai seorang pendaki gunung saat melakukan pendakian.

Pacet dan lintah mampu berubah besar yang tadinya hanya sebesar korek api dapat membesar dengan menyedot darah dari tubuh kita saat pacet atau lintah menempel di kaki kita jangan dipaksa untuk mencabut gigitannya karena akan membuat darah yang keluar semakin banyak. dan juga akan menyebabkan gatal dan apabila digaruk terus dan berlebiahan akan menimbulkan infeksi.

Ada beberapa tips atau cara bagi pendaki untuk mengatasi dari serangan atau gigitan lintah dan pacet, berikut beberapa tipsnya:

1. Gunakan Pakaian Tertutup

Cara ini mampu melindungi pendaki dari gigitan lintah dan pacet, serapat mungkin tubuh yang sering di serang oleh hewan ini tertutup rapat. Karena Pacet sering menyerang tubuh pendaki di bagian kaki dan pergelangan tangan, maka sebaiknya gunakan celana panjang dan baju atau kaos panjang untuk melindungi tubuh dari gigitan hewan yang dimaksud.

2. Api 

Ketika pendaki sudah tergigit oleh pacet atau lintah maka salah satu cara untuk mengusir pacet dari tubuh kita adalah dengan cara mendekatkan pacet dengan korek api atau bara rokok, karena pacet adalah hewan yang tidak tahan dengan panas, sehingga ketika api atau rokok di dekatkan ke pacet yang sedang menggigit tubuh pendaki maka dengan sendirinya pacet akan melepaskan gigitan nya.

3. Minyak Kayu Putih

Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh saat mendaki, minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengusir gigitan pacet atau lintah. Cukup oleskan minyak kayu putih kebagian tubuh yang digigit pacet atau lintah, dengan sendirinya hewan tersebut akan melepaskan gigitan nya.

Itulah 3 tips diantara banyak tips dalam mengatasi igitan lintah atau pacet saat mendaki.

Previous Post
Next Post