Estimasi Waktu Pendakian Sumbing Via Adipuro

Manajemen waktu dalam pendakian sangat penting untuk menentukan berapa hari seorang pendaki menghabiskan waktu untuk mendaki, satu atau bahkan beberapa gunung dalam kurun waktu yang singkat, Tidak jarang pendaki mampu mendaki dua bahkan tiga gunung sekaligus dalam waktu tiga sampai empat hari.



Maka yang paling penting bagi pendaki yang sering seperti itu adalah dengan menggali informasi detail tentang estimasi waktu pendakian dari basecamp sampai ke puncak.

Berikut kurang lebih estimasi waktu pendakian gunung sumbing via adipuro.

Basecamp sampai pos 1 = 1 jam

Jalan dari basecamp menuju pos 1 didominasi bebatuan, hampir sembilan puluh persen jalan bebatuan yang biasa digunakan warga untuk mengangkut bahan pertanian menggunakan kendaraan.
 
Pos 1 - Pos 2 = 1 jam

Jalan dari pos 1 menuju pos 2 seratus persen tanah, dengan kontur jalan yang agak nanjak. terutama di sepertiga terakhir menuju pos 2.

Pos 2 - Pos 3 = 2 jam

pos 2 menuju pos 3 pendaki akan dimanjakan dengan jalur yang bikin kaki para pendaki senut-senut, jalur ini yang dinamakan dengan jalur putus asa. Jalur yang nanjak tidak ada sama sekali jalur yang landai di jalur putus asa ini.

Pos 3 - Pos 4 = 2 jam

perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 didominasi jalan landai dan beberapa sungai yang harus dilewati. Saat musim hujan para pendaki diminta untuk berhati2 dan waspada saat melewati sungai, karena jalan licin akibat kucuran hujan.

Pos 4 - Puncak = 2 ja

Perjalan terakhir yang menguras tenaga adalah perjalanan saat summit, dari pos 4 menuju puncak sejati yang nanjak.

Estimasi waktu pendakian dari basecamp adipuro sekitar 7-8 jam pendakian, cepat atau lama pendakian tergantung dari kondisi fisik pendaki itu sendiri.

Namun waktu pendakian jalur pendakian gunung sumbing via adipuro bisa dipersingkat dengan cara pendaki menggunakan jasa ojek yang ada di basecamp sumbing via adipuro. 

Dengan menggunakan jas ojek yang ada, pendaki mampu menghemat waktu tempuh pendakian kurang lebih dua jam, dari yang semula ditempuh 7 jam maka dengan jasa ojek menjadi 5 jam perjalanan.

 


Previous Post
Next Post