Fenomena Ojek Gunung Di Dunia Pendakian



Pendakian yang semakin populer dan menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya membuat geliat ekonomi di bidang pendakian semakin meningkat, dan menjadi pilihan para pengusaha baik besar maupun kecil untuk terjun dibidang usaha yang berkaitan dengan dunia pendakian.

Semakin banyaknya toko online atau offline yang menjual aneka ragam peralatan gunung menjadi bukti bahwa bisnis di dunia peralatan gunung cukup menjanjikan. Dengan kata lain pendaki mampu berkontribusi dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Salah satu bentuk kontribusi pendaki bagi masyarakat adalah berkontribusnya pendaki dalam meningkatkan pendapatan masyarkat sekitar Basecamp pendakian, baik warung makanan, aksesoris dan tidak ketinggalan adalah ojek gunung.

Beberapa tahun terakhir ini sebagain besar pendaki menggunakan jasa ojek gunung ini untuk mempersingkat waktu pendakian, yang seharusnya waktu pendakian ditempuh dengan waktu 6-8 jam, dengan jasa ojek gunung bisa menyingkat waktu 1-2 dua jam perjalanan.

Tentu dengan adanya ojek gunung di basecamp pendakian membuat simbiosis mutualisme baru yang saling menguntungkan bagi dunia pendaki. Pendaki dibantu dengan waktu tempuh pendakian yang semakin singkat dan masyarakat yang terbantu dalam urusan ekonomi.

Ojek gunung merupakan pilihan bagi pendaki yang mau mempersingkat waktu tempuh pendakian, jadi kemabli ke diri pendaki masing-masing dalam menggunakan jasa ojek gunung tersebut..
Previous Post
Next Post