Tips Dan Persiapan Mendaki Gunung Saat Musim Hujan


Pergantian tahun adalah momen yang sering di gunakan para pendaki untuk melakukan pendakian dan juga merayakan  pergantian tahun.


Namun setiap pergantian tahun cuaca di Indonesia sedang berada di musim penghujan, sehingga para pendaki yang merayakan pergantian tahun di gunung harus siap berhadapan dengan turunnya air hujan.


Banyak hal yang perlu dipersiapkan pendaki untuk melakukan pendakian pada saat musim penghujan.

Berikut Diantara Tips dan Persiapan Mendaki Saat Musim hujan.


1. Kondisi


Pastikan kondisi tempat atau gunung yang ingin didaki sedang dalam cuaca yang baik, maksud nya meskipun hujan namun tidak sedang badai, atau cuaca ekstrim lainnya. Dan juga pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan siap untuk melakukan pendakian.


2. Jas Hujan. 


Barang yang wajib dan harus dibawa adalah Jas hujan, selain berfungsi melindungi tubuh saat melakukan pendakian jas hujan juga di gunakan saat perjalanan anda menggunakan sepeda motor.


3. Pakaian Ganti


Resiko pakaian basah saat mendaki di musim hujan tidak bisa di hindari, namun pakaian yang basah saat mendaki saat musim hujan bisa disiasati dengan membawa pakaian ganti, sehingga ketika turun dari gunung pendaki masih punya persediaan pakaian yang kering.


4. Menggunakan Sepatu Naik.

  
Sepatu alangkah baiknya di gunakan ketika pendaki melakukan perjalanan keatas. Dengan menggunakan sepatu tumpuan akan kuat dengan kondisi jalan yang licin sehingga pendaki tidak mudah terpeleset saat pendakian.


5. Memakai Sandal Saat Turun. 


Dengan kondisi jalur pendakian yang licin, membuat para pendaki harus ekstra hati-hati saat melakukan perjalan turun dari puncak. Alangkah baiknya menggunakan sandal gunung saat turun sehingga mengurangi resiko cedera pada jari-jari kaki.


Ketika memakai sepatu saat turun jari-jari kaki akan menjadi tumpuan dan akan sering terpentok dengan sepatu, ini yang biasa membuat jari-jari kaki seorang pendaki bisa cedera saat turun dari puncak gunung.


Itu beberapa tips dan persiapan mendaki gunung saat musim hujan, dengan persiapan yang matang membuat pendakian akan lebih aman dan nyaman.



 




Previous Post
Next Post